Taman Nasional Tesso Nilo

OPTIMALKAN PATROLI RUTIN PETUGAS SPTN WILAYAH II BASERAH, PETUGAS JUGA PANTAU KAWASAN VIA DRONE

Published by Humas TNTN on

TNTN, 11 s/d 15 September 2023 – Tim petugas SPTN Wilayah II Baserah melaksanakan kegiatan rutin patroli penjagaan hutan alam di SPTN Wilayah II Baserah.

Tim melakukan penyusuran hutan di jalur patroli dan mendapati bekas kebakaran, Tim kemudian mengukur luas kebakaran sebagai laporan untuk melakukan pemulihan ekosistem pada areal tersebut.

Tim memfokuskan patroli untuk pencegakan tipihut dan tidak menemukan adanya unsur aktiftas melanggar hukum didalam kawasan.

Pada hari berikutmya tim bergabung dengan tim Puldasi dari Gakkum dan Polda Riau ke camp PT Rimba Lazuardi estate. Tim kembali masuk kedalam kawasan dan menemukan terdapat 1 unit pondok yang terlihat aktif, namun tim tidak menemukan adanya penghuni pondok tersebut.

tim melanjutkan menyusuri jalan setapak ditengah Tumbangan, tepat dibatas kawasan TN Tesso Nilo tim kembali menemukan 1 unit pondok yang aktif namun tidak dijumpai pemiliknya.

Hari berikutnya tim mendapatkan informasi adanya kebakaran di grid K18 dan tim langsung menuju lokasi. setibanya di lokasi tim mendapati adanya bekas kebakaran dengan luasan kurleb 0,5 hektare dan api sudah padam, tim kemudian langsung memasang plang peringatan Di lokasi tersebut.

Tim juga menerbangkan drone ke arah Tenggara dari lokasi kebakaran sejauh 1,5 km dari pantauan drone terdapat beberapa lokasi bekas imasan baru. Tim melanjutkan patroli dan tim kembali menerbangkan drone kearah tidur sejauh kurleb 2 km dari pantauan drone terdapat beberapa lokasi bukaan atau tumbangan baru.

Atas temuan-temuan tersebut tim kemudian membuat laporan untuk tindak lanjut berikutnga. Tim akan terus memantau pergerakan dilapangan untuk mencegah aktifitas illegal didalam kawasan