Taman Nasional Tesso Nilo

MONITORING KTH MAJU BASAMO DESA SITUGAL OLEH PETUGAS TN TESSO NILO

Published by Humas TNTN on

Petugas Penyuluh TN Tesso Nilo melaksanakan kegiatan Monitoring KTH Maju Basamo Desa Situgal, SPTN Wilayah II Baserah. Tim melakukan Kegiatan diskusi dengan Ketua KTH Maju Basamo Arman Efendi, terkait kondisi tanaman terkini tanaman pinang yang telah di tanam pada bulan Juni tahun 2020 yang lalu.

Tim juga melakukan kunjungan langsung ke kebun pinang milik anggota – anggota kelompok. Kondisi tanaman pinang secara umum tumbuh cukup baik dengan tinggi rata – rata 7 – 8 meter. Pinang saat ini memasuki umur 2,9 tahun semenjak ditanam, diameter batang berkisar 13 – 15 cm. Disebutkan saat ini tanaman pinang sudah mulai belajar berbunga dan berbuah.

Dalam monitoring ini anggota kelompok menyampaikan beberapa kendala seperti pertumbuhan tanaman pinang yang tidak sama tinggi. Beberapa tumbuh lebih pendek daripada yang lainnya dan hama tanaman berupa gangguan monyet yang mematahkan buah yang bunganya belum mekar. Petugas dan anggota melakukan diskusi dan musyawarah mengenai permasalahan dan kendala yang dihadapi oleh KTH. Petugas menyampaikan akan terus melakukan monitoring untuk memantau progres dari KTH.