Taman Nasional Tesso Nilo

MONITORING DAN PENDAMPINGAN KELOMPOK DI SPTN WILAYAH II BASERAH

Published by Humas TNTN on

TNTN, 18 Mei 2023 – Penyuluh kehutanan dan Polisi Kehutanan TN Tesso Nilo melaksanakan Kegiatan Monitoring dan Pendampingan Kelompok di SPTN Wilayah II Baserah, Desa Rambahan. Di Desa Rambahan sudah terbentuk 2 kelompok pemberdayaan masyarakat yaitu KTH Rambahan Di Hati dengan bidang kegiatan budidaya/ternak sapi dan KTH Rambahan Berkah dengan bidang kegiatan budidaya/ternak kambing.

Dari hasil menitoring yang dilakukan, kegiatan pemberdayaan masyarakat di 2 kelompok tersebut berjalan dengan baik. Hal ini tidak terlepas dari dukungan Pemerintah Desa Rambahan serta komitmen dari anggota kelompok. Diketahui dari tahun 2019 s.d 2023, dengan modal awal 3 ekor sapi, KTH Rambahan Di hati telah berhasil menjual 4 ekor sapi dan saat ini masih tersisa 6 ekor dengan rincian 4 indukan (betina), 1 anakan betina (umur 11 bulan, kondisi sehat), dan 1 anakan jantan (umur 6 bulan).

KTH Rambahan Berkah juga tidak kalah baik perkembangannya. Telah lahir dan hidup anakan sebanyak 10 ekor kambing. Kondisi kambing dalam keadaan sehat. Tim penyuluh menyampaikan akan dilakukan kegiatan pelatihan keterampilan bagi anggota KTH Rambahan di Hati dan KTH Rambahan Berkah dengan mengundang narasumber dari Dinas Peternakan Kab. Kuantan Singingi.

Pada hari yang sama, tim juga melakukan koordinasi dengan Kepala Desa Sikijang serta pengurus KTH Mekar Tani terkait fasilitasi dan pemberian bantuan ekonomi produktif di Desa Sikijang. KTH Mekar Tani yang telah dibentuk pada bulan Maret 2023 lalu dengan jumlah anggota 15 orang. Tim penyuluh dan KTH berdiskusi dan konsultasi membahas program yang kan dilakukan.