Taman Nasional Tesso Nilo

MONEV KEGIATAN REHAB DAS TN TESSO NILO, TIM PEROLEH FAKTA KRUSIAL

Published by Humas TNTN on

TNTN, Mei 2024 – Petugas TN Tesso Nilo gelar Monitoring dan Evaluasi Kegiatan Rehabilitasi DAS seluas 159 Ha di Resort Air Hitam, SPTN Wilayah I LKB. Monitoring kali ini memperlihatkan sejumlah fakta krusial yang menjadi sorotan. Dilaksanakan dalam kurun waktu enam hari, kegiatan ini melibatkan sejumlah personil dari TN Tesso Nilo, PT Bumi Siak Pusako (BSP), dan PT Sonokeling.

Kegiatan yang berlangsung pada 6 s.d 11 Mei 2024 ini dilaksanakan di Resort Air Hitam, dengan fokus pada Areal PE seluas 159 Ha, dan sekitarnya. Dalam pelaksanaannya, terlibat 6 orang dari TN Tesso Nilo, 1 orang dari PT BSP, dan 2 orang dari PT Sonokeling. Metode systematic sampling with random start digunakan, dengan parameter seperti intensitas sampel 5%, jumlah petak ukur 80, dan ukuran petak ukur 40m x 25m.

Hasil survei menunjukkan bahwa hanya 45,13% tanaman yang berhasil tumbuh, dengan luas areal yang berhasil mencapai 47,7 Ha. Dari 80 petak ukur, 24 yang berhasil, sedangkan 56 petak ukur lainnya menunjukkan hasil yang belum memuaskan.

Disampaikan petugas, terdapat sejumlah kendala yang dihadapi, seperti area tanpa tanaman dan kerusakan akibat aktivitas alat berat. PT Sonokeling memberikan sejumlah saran dan tindak lanjut, termasuk penyulaman, penanaman ulang, dan pelaporan kepada otoritas terkait.

Tim monitoring menyampaikan terima kasih atas perhatian semua pihak. Diharapkan langkah-langkah tindak lanjut yang diusulkan dapat segera diimplementasikan untuk memastikan keberhasilan program rehabilitasi DAS selanjutnya.

Categories: Berita