Taman Nasional Tesso Nilo

MONEV DAN PENGAMANAN LOKASI RHL, PETUGAS TN TESSO NILO CABUT TANAMAN SAWIT

Published by Humas TNTN on

LKB, 15 Desember 2022 – Tim petugas TN Tesso Nilo melaksanakan kegiatan monitoring dan evaluasi serta pengamanan lokasi RHL RN Tesso Nilo khususnya di areal kenayang, SPTN Wilayah I LKb.

Sebelum tim melakukan patroli tim melakukan diskusi dengan masyarakat LKB yang tergabung dalam kelompok tani dan perangkat desa di kantor desa Lubuk Kembang Bunga. Dari hasil diskusi diketahui bahwasanya lokasi bekas kebakaran saat ini sudah ditanami sawit oleh masyarakat kenayang. Lokasi ini juga merupakan lokasi RHL. Tim bersama masyarakat yg tergabung dalam kelompok tani, telah menyampaikan komitmen untuk sama sama melakukan patroli bahkan jika dilakukan tindakan terhadap tanaman sawit tersebut siap mendukung pihak TN Tesso Nilo

Kemudian tim bersama beberapa org masyarakat LKB melakukan patroli sekaligus mengecek lokasi bekas kebakaran yang sudah ditanami sawit. Di lokasi tersebut tim menemukan tanaman sawit yang ditanam di lokasi bekas kebakaran. Di lokasi tim juga menemukan pondok baru.

Tim langsung mengambil tindakan untuk mencabut beberapa tanaman sawit tersebut. Untuk temuan pondok, kesepakatan tim untuk diberi peringatan terlebih dahulu dan mencari tahu pemiliknya untuk menghindari konflik di lapangan.

Kades LKB dan Masyarakat yg tergabung dalam kelompok tani siap mendukung jika akan dilakukan tindakan terhadap tanaman sawit yg ditanam di lokasi bekas kebakaran. Tim kemudian kembali ke titik awal dan melaporkan penemuan ke pimpinan untuk mengambil langkah lebih lanjut.