Taman Nasional Tesso Nilo

MENJAGA KELESTARIAN: SMART PATROL DI SPTN WILAYAH II BASERAH DIGENCARKAN

Published by Humas TNTN on

TNTN, Mei 2024 – Tim patroli yang terdiri dari personel gabungan Polhut, Penyuluh, PEH, dan Manggala Agni telah menjalankan misi penting untuk menjaga kelestarian alam TN Tesso Nilo. Kegiatan patroli yang berlangsung dari Selasa hingga Sabtu, 24-28 Mei 2024, di SPTN Wilayah II Baserah.

Sabtu, 25 Mei 2024, menjadi momen kolaborasi antara tim patroli dengan tokoh masyarakat Desa Situgal. Acara adat Doa Padang menjadi ajang penting untuk membahas upaya perlindungan kawasan TN Tesso Nilo. Diskusi dan sosialisasi tentang pentingnya menjaga kawasan alam dilakukan secara intens, termasuk upaya untuk mencegah tindak pidana kehutanan.

Minggu, 26 Mei 2024, juga menjadi hari yang sibuk bagi tim. Patroli dilakukan dengan teliti, namun tanpa menemukan jejak aktivitas ilegal. Keberhasilan ini tidak membuat tim berpuas diri. Tim masih memperhatikan jejak-jejak satwa, seperti rusa dan Owa Siamang, sebagai indikator keberhasilan konservasi.

Senin, 27 Mei 2024, menjadi momentum untuk berbagi dengan masyarakat sekitar kawasan TN Tesso Nilo. Penanaman bibit dilakukan bersama warga, dengan harapan agar semakin banyak pohon yang tumbuh. Bibit beragam jenis, seperti Matoa, Trembesi, Sirsak, Rambutan, dan Jengkol, ditanam sebagai investasi masa depan alam.

Hingga hari terakhir patroli disesesaikan dengan harapan bahwa setiap langkah yang diambil telah membawa dampak positif bagi kelestarian kawasan alam yang berharga. Dengan semangat yang tinggi dan komitmen yang kuat, Smart Patrol terus menjaga kelestarian TN  Tesso Nilo untuk generasi masa depan.