Taman Nasional Tesso Nilo

MENGAWAL KAWASAN: SMART PATROL DI TAMAN NASIONAL TESSO NILO UNGKAP REALITA INI !!

Published by Humas TNTN on

TNTN – Dalam misi menjaga kelestarian hutan alam, tim patroli dari TN Tesso Nilo telah menjalani serangkaian pengawasan intensif di kawasan hutan SPTN wilayah I Lubuk Kembang Bunga.

Sejak Sabtu hingga Rabu, 4 hingga 8 Mei 2024, Tim Smart Patrol telah melaporkan temuan mereka dalam upaya memelihara kelestarian lingkungan. Tim berpatroli dari grid ke grid tanpa menemukan aktivitas ilegal yang mencurigakan.

Namun, perjalanan mereka menemui tantangan saat melintasi areal yang sudah banyak diubah menjadi perkebunan. Bahkan, mereka menemukan banyak pondok perambah di sepanjang perjalanan. Penemuan ini menjadi cambukkan petugas untuk menuntaskan permasalah yang ada didalam kawasan. Patroli akan semakin intensif untuk mencegah dan meminimalisir deforestasi hutan kian besar.

Yang menarik adalah temuan timdimana masih ditemukan banyak sumber daya alam yang bernilai bagi masyarakat sekitar. Disela sela patroli tim melakukan pemanenan HHBK dari Hutan TNTN berupa cempedak / nangka hutan.

Dengan demikian, tim sebutkan Smart Patrol terus berupaya mengungkap realita tersembunyi di balik hijaunya hutan alam. Melalui dedikasi dan kerja keras, mereka membuktikan bahwa upaya menjaga kelestarian lingkungan adalah tugas yang tak kenal lelah.