Taman Nasional Tesso Nilo

MEMPERKUAT KOLABORASI DAN SINERGITAS PENGELOLAAN TN TESSO NILO: MENJAGA HARTA KARUN ALAM INDONESIA BERSAMA

Published by Humas TNTN on

TNTN, 21 Mei 2024 – Upaya memperkuat kolaborasi dan sinergitas dalam pengelolaan TN Tesso Nilo terus digalakkan. Langkah konkret diambil saat Kepala Balai TN Tesso Nilo dan jajaran melakukan pertemuan strategis dengan Komandan Distrik Militer 0313/KPR, Letkol Inf. Setiawan Hadi Nugroho, S.H, M.IP, di Markas Kodim, Bangkinang Kampar. Pertemuan ini menandai komitmen bersama untuk menjaga kawasan TN Teso Nilo dengan lebih efektif dan tangguh.

Dalam sebuah pernyataan yang menggugah semangat untuk melindungi kekayaan alam yang kita miliki, Letkol Inf. Setiawan Hadi Nugroho, S.H, M.IP, dengan tegas menyuarakan dukungannya terhadap pengelolaan TN Tesso Nilo. Dukungan nyata dari Kodim 0313/KPR tak hanya berhenti pada retorika, namun ditindaklanjuti dengan keterlibatan langsung dalam kegiatan pengamanan bersama.

Kepala Balai TN Tesso Nilo Heru Sutmantoro, S.Hut, M.m jelaskan bahwa pengelolaan Taman Nasional Tesso Nilo bukanlah tanggung jawab tunggal, melainkan sebuah tanggung jawab bersama bagi semua pihak yang peduli terhadap kelestarian alam. Sebagai salah satu kawasan hutan tropis terbesar di Sumatera, TN Tesso Nilo menjadi rumah bagi beragam flora dan fauna yang memerlukan perlindungan ekstra. Lebih lanjut Heru ungkap bahwa menjaga kawasan TN Tesso Nilo sama dengan menjaga harta karun alam Indonesia. Tanpa kerja sama yang kokoh antara instansi terkait dan komunitas sekitar, menjaga kelestarian TN Tesso Nilo akan menjadi tugas yang amat berat.

Kolaborasi antara Balai TN Tesso Nilo dan Kodim 0313/KPR menjadi sebuah contoh nyata bagaimana kekuatan gabungan bisa menghasilkan dampak positif yang besar dalam pelestarian alam. Melalui sinergi ini, upaya-upaya pengamanan kawasan TN Tesso Nilo menjadi lebih terorganisir dan efektif. Dengan adanya keterlibatan aktif dari pihak militer, potensi ancaman terhadap kelestarian TN Tesso Nilo dapat diantisipasi dan ditangani dengan lebih baik.

Dengan langkah-langkah konkret dan kolaborasi yang solid, TN Tesso Nilo terus menjadi mercusuar dalam perjuangan melindungi alam Indonesia. Semoga langkah-langkah ini menjadi jalan lurus untuk menjalin kerjasama yang kuat demi keberlangsungan pengelolaan kawasan TN Tesso Nilo.