Taman Nasional Tesso Nilo

LAKUKAN SERANGKAIAN KEGIATAN PERLINDUNGAN KAWASAN, PETUGAS DAN MASYARAKAT BERSINERGI SELEMATKAN KAWASAN

Published by Humas TNTN on

LKB, 16 Desember 2022 – Petugas TN Tesso Nilo melaksanakan beberapa rangkaian kegiatan di SPTN Wilayah I LKB.

Kegiatan pertama tim melakukan Monev Pengamanan RHL TN Tesso Nilo. Terlebih dahulu tim menghadiri pertemuan dan diskusi dengan kepala desa lubuk kembang, perangkat desa serta masyarakat desa yang tergabung dalam kelompok tani hutan sepakat dan kelompok tani nilo mandiri.

Dari Hasil pertemuan diperoleh kesepakatan Kepala desa, pemerintahan Desa serta masyarakat yg tergabung dalam kelompok tani hutan berkomitmen mendukung perlindungan dan penyelamatan TN Tesso Nilo terutama di bekas lokasi kebakaran di kenayang yang telah ditanami sawit. Kepala Desa, pemerintah Desa serta masyarakat yg tergabung dalam kelompok tani hutan berkomitmen untuk menghijaukan kembali lokasi kebakaran dengan menanam pohon dan tanaman kehidupan melalui kelompok tani hutan.

Dari hasil survey ke lokasi pada tanggal 15 Desember 2022 dan pertemuan dengan kepala desa disepakati akan dilakukan pencabutan sawit di lokasi bekas kebakaran di kenayang secara bersama dan didukung oleh kepala desa, perangkat desa, babinsa, bhabinkamtibmas serta masyarakat yg tergabung dalam kelompok tani hutan.

Selanjutnya setelah melakukan pertemuan di kantor desa, tim kembali melanjutkan patroli di lokasi RHL di belakang kantor Resort Lancang Kuning Air Sawan. Di lokasi tim melihat tumpukan bibit yang akan dilakukan penyulaman oleh kontraktor.
Tim melakukan patroli ke pondok perambah yg telah dirobohkan oleh tim piket sebelumnya. Dilokasi sudak tidak ditemukan adanya aktivitas perambahan.
Tim juga melakukan pemasangan plang dan penaburan biji di lokasi terbuka.

Selain melakukan patroli, tim menerima laporan dari masyarakat yang datang ke kantor SPTN wilayah I LKB, bahwa terxapat gajah liar yang memakan tananam di areal perkebunan masyarakat daerah gambangan desa air hitam. Kemudian tim dan mahout langsung menindaklanjuti laporan tersebut dan langsung menuju lokasi.

Lokasi konflik berada di kawasan TN Tesso Nilo di wilayah Resort Air Hitam Bagan Limau. Dari informasi yg diperoleh tim, gajah berjumlah 1 ekor dan telah memakan tanaman sawit, taman pisang serta merusak pondok. dilokasi tim menemukan kotoran dan jejak gajah liar tersebut. Kemudian tim memberikan edukasi dan pemahaman kepada masyarakat Terkait penanganan gajah liar agar tidak terjadi kejadian yg tidak diinginkan dan melaporkan kepada petugas.

Kegiatan terakhir, tim melakukan koordinasi ke Kantor Desa Air Hitam. Koordinasi dilakukan untuk mendiskusikan terkait Kelompok Binaan yang akan menerima Bantuan Ekonomi Produktif Tahun Anggaran 2023. Dalam diskusi dihasilkan bahwa berdasarkan keputusan Kepala Desa, Kelompok Ibu-ibu PKK yang akan ditunjuk menjadi penerima bantuan. Tujuan utama pendekatan kepada Kepala Desa terkait pemberian bantuan Tahun Anggaran 2023 adalah agar Desa dapat berfungsi sebagai alat kontrol terhadap kegiatan yang dilakukan oleh Kelompok Ibu-ibu PKK di kemudian hari. Dengan keterkaitan Desa tersebut maka diharapkan Bantuan Ekonomi Produktif ini dapat menghasilkan manfaat yang baik bagi perekonomian masyarakat kedepan. Keterkaitan Desa Secara langsung juga diharapkan mampu melekatkan tanggungjawab yang kuat bagi kelompok penerima bantuan sehingga tidak menemui kegagalan seperti bantuan-bantuan lalu yang saat ini kelompoknya sudah tidak berjalan