Taman Nasional Tesso Nilo

Kesepakatan Bersama untuk Perlindungan Ekosistem: Balai Taman Nasional Tesso Nilo dan Pemuda Pancasila Kabupaten Pelalawan Berkolaborasi

Published by Humas TNTN on

TNTN, 27 Juni 2024 – Sebuah tonggak penting bagi upaya perlindungan kawasan Taman Nasional Tesso Nilo telah tercapai hari ini dengan ditandatanganinya Kesepakatan Bersama antara Balai Taman Nasional Tesso Nilo dan Majelis Pimpinan Cabang Pemuda Pancasila Kabupaten Pelalawan. Kesepakatan ini, yang disahkan di Kantor Balai Taman Nasional Teso Nilo, dengan tujuan untuk melindungi, mengamankan, dan memulihkan ekosistem yang ada di kawasan Taman Nasional Tesso Nilo.

Dalam acara penandatanganan kesepakatan ini dihadiri oleh Heru Sutmantoro, S.Hut, M.M selaku Kepala Balai Taman Nasional Tesso Nilo, dan Rusdianto, S.E. sebagai Ketua Majelis Pimpinan Cabang Pemuda Pancasila Kabupaten Pelalawan, kedua belah pihak sepakat untuk menyatukan langkah dalam upaya konservasi alam yang lebih efektif.

Heru Sutmantoro menjelaskan, “Kesepakatan ini adalah langkah konkret dari pihak Balai Taman Nasinal Tesso Nilo untuk melibatkan organisasi masyarakat dalam upaya perlindungan kawasan hutan. Kami berharap dengan dukungan dari Pemuda Pancasila, kami dapat lebih efektif dalam menangani perambahan hutan, illegal logging, dan praktik destruktif lainnya yang merusak ekosistem kita.”

Sementara itu, Rusdianto menambahkan, “Kami dari Majelis Pimpinan Cabang Pemuda Pancasila Kabupaten Pelalawan siap mendukung penuh upaya pemulihan ekosistem melalui partisipasi aktif dalam rehabilitasi hutan dan penegakan hukum di lapangan. Kolaborasi ini bukan hanya tentang menjaga lingkungan, tetapi juga tentang meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya pelestarian alam.”

Kesepakatan ini mencakup beberapa poin utama, termasuk pencegahan terhadap kegiatan merusak lingkungan seperti perambahan, kebakaran hutan dan perburuan satwa liar, serta rehabilitasi ekosistem melalui program penanaman.

Kesepakatan ini berlaku efektif sejak ditandatanganinya hingga 31 Desember 2024, dengan opsi perpanjangan berdasarkan kesepakatan kedua belah pihak. Diharapkan dengan kerja sama yang erat antara pihak berwenang dan masyarakat, keberlanjutan Taman Nasional Tesso Nilo dapat terjaga dengan baik untuk generasi mendatang.