Taman Nasional Tesso Nilo

KEPALA SPTN II BASERAH DAN JAJARAN HADIRI KONSULTASI PUBLIK TENTANG NKT DAN SKT TERPADU

Published by Humas TNTN on

TNTN, 16 Mei 2023 – Kepala SPTN Wilayah II Baserah dan jajaran menghadiri kegiatan Koordinasi dalam rangka Kosultasi Publik tentang Penilaian Konservasi Tinggi (NKT) dan Stok Karbon Tinggi (SKT) Terpadu di Grand Hotel Pangkalan Kerinci.

Kegiatan juga dihadiri oleh beberapa unsur lain diantaranta Danramil Pangkalan Kuras, Kapolsek Ukui, PT. RAPP, Sekcam Ukui, BTN Tesso Nilo, Kepala Desa LKB, Pemerintahan Desa Bagan Limau, PT.Rimba Lazuardi, PT.Rimba Peranap Indah, CV.Putri Lindung Bulan, PT.RAPP, dan Tokoh masyarakat Desa LKB dan Desa Bagan Limau.

Dalam kegiatan ini dibahas beberapa hal seperti penelitian yang dilakukan oleh konsultan dari perusahaan yakni PT.Rimba Lazuardi, PT.Rimba Peranap Indah dan CV.Putri Lindung Bulan tentang Nilai Konservasi Tinggi (NKT) dan Stok Karbon Tinggi (SKT) dalam lanskap konsesi perusahaan.

Dibahas pula mengenai keberadaan konsesi di sekitar TN Tesso Nilo menjadi kesatuan landscape Tesso Nilo yang merupakan habitat bagi Harimau Sumatera dan Gajah Sumatera. Dari hal itu maka perlu dijaga kelestarian areal lindung dalam konsesi, bahkan apabila memungkinkan ditambah luasannya ataupun dilakukan penanaman tanaman yang disukai gajah pada lokasi jelajah satwa tersebut.

Selain itu yang menjadi perhaTian khusus adalah pada buffer zone TNTN yang masih masuk dalam areal konsesi, ditemukan beberapa jerat yang bisa mengancam keberadaan satwa penting seperti harimau atau gajah, dan juga kerawanan kebakaran yang terjadi saat ini, perlu dukungan semua pihak, khususnya konsesi yang terdekat. Membahas beberapa hal penting tersebut, semua unsur yang hadir seperti pihak Kapolsek, Danramil, Kades dan tokoh dari desa, serta perusahaan sepakat untuk mendukung dan bersinergi rlukan dalam menjaga dan memperbaiki kawasan TN Tesso Nilo saat ini.