Taman Nasional Tesso Nilo

JALUR PATROLI DISABOTASE LAGI, TIM TAK GENTAR DAN BUKA JALUR

Published by Humas TNTN on

TNTN – Pekan ini, patroli kawasan hutan bersama dengan masyarakat kembali digiatkan oleh sejumlah petugas dari Pengendali Ekosistem Hutan, Mahout gajah dan Masyarakat, dipimpin oleh Kepala SPTN Wilayah I LKB.

Tim bergerak patroli menuju pada areal yang  dimana berdasarkan informasi, terdengar aktifitas suara mesin pemotong kayu beberapa hari lalu dari arah tersebut. Sesampainya dilokasi tim tidak menemukan adanya aktifitas pada areal tersebut.

Tidak jauh beranjak dari situ, tim patroli menemui jalur patroli yang sebelumnya sudah dibuka, kembali disabotase dengan tumbangan kayu ke arah jalan. Tim kemudian langsung melakukan pembukaan jalur patroli dengan peralatan seadanya pada  5 titik  sabotase. Sepanjang perjalanan tim memasang plang peringatan sebagai upaya menghimbau oknum masyarakat untuk tidak melakukan aktifitas melanggar hukum didalam kawasan.  

Tim sebutkan juga menemukan aktifitas oleh satwa liar berupa perjumpaan burung kuaw, kotoran gajah, dan kotoran musang. Aktifitas ini menandakan areal tersebut masih strategis sebagai habitat para satwa dan perlu perlindungan ekstra dari petugas. Melihat tingginya angka aktifitas illegal pada areal ini, tim terus pantau pergerakan dalam kawasan, dan himbau masyarakat untuk tidak melakukan perbuatan melanggar hukum didalam kawasan.