Taman Nasional Tesso Nilo

JAGA HUTAN ALAM TETAP LESTARI, TIM PATROLI SPTN WILAYAH II BASERAH LAKUKAN TINDAKAN PREVENTIF DAN PEMANTAUAN BERKALA

Published by Humas TNTN on

TNTN – Pekan ini tim petugas dari SPTN Wilayah II Baserah giatkan patroli penjagaan hutan alam pada areal Resort Nilo SPTN II Baserah. Tim patroli hutan yang bertugas menjaga kawasan hutan alam terus aktif melakukan kegiatan patroli dan tindakan preventif untuk menjaga kelestarian lingkungan.

Tim melakukan patroli pada areal resort, di mana tim menemukan beberapa papan informasi atau spanduk yang hilang dari lokasi. Dengan sigap, tim melakukan pemasangan kembali spanduk-spanduk tersebut untuk memastikan informasi terkait kawasan hutan tetap terpampang dengan jelas bagi masyarakat.

Selain itu, tim juga melaksanakan program penanaman tanaman kehutanan dengan menanam trembesi dan petai sebanyak 100 batang. Langkah ini diambil untuk memperkuat ekosistem hutan alam dan meningkatkan keanekaragaman hayati.

Selanjutnya tim menuju areal lain, meskipun dengan akses sulit,tim menemukan bekas area kebakaran dan tumbangan hutan yang sudah lama terbengkalai. Tidak jauh dari situ tim menemukan adanya tanaman sawit yang baru ditanam di sekitar area tersebut. Tanaman sawit ini dianggap sebagai ancaman terhadap kelestarian hutan alam, sehingga tim segera mencabut dan memusnahkannya untuk mencegah penyebaran lebih lanjut.

Selain itu, tim juga melewati beberapa pemukiman non-permanen di sekitar area patroli, di mana mereka menemukan plang kampung dengan nama ‘Kampung Cinta Damai’ yang terdiri dari sekitar 20 rumah. Langkah-langkah pemantauan akan terus dilakukan untuk memastikan keberlanjutan lingkungan di sekitar pemukiman tersebut.

Tim melanjutkan upaya pengumpulan data dan informasi selama melakukan smart patrol patroli penjagaan hutan alam. Langkah-langkah ini diambil untuk memastikan bahwa kegiatan pengawasan terhadap kawasan hutan tetap optimal dan efektif.

Dengan berbagai tindakan preventif dan pemantauan yang dilakukan oleh tim patroli hutan, diharapkan kelestarian hutan alam di kawasan tersebut dapat terus terjaga demi kesejahteraan masyarakat dan keberlangsungan ekosistem.

Categories: Berita