Taman Nasional Tesso Nilo

EMPAT HARI PATROLI, TIM TEMUKAN ALAT BERAT ILEGAL DAN JEJAK GAJAH LIAR DI LANCANG KUNING

Published by Humas TNTN on

TNTN, 16 Mei 2024 – Tim patroli pencegahan kebakaran hutan di SPTN Wilayah I Lubuk Kembang Bunga berhasil menemukan sejumlah aktivitas mencurigakan selama patroli empat hari di kawasan Resort Lancang Kuning. Patroli yang berlangsung dari 11 hingga 14 Mei 2024 tersebut mencakup beberapa titik areal khusus yang dianggap riskan terhadap tipihut.

Saat tengah dalam perjalanan patroli, tim menemukan jejak rombongan gajah liar berjumlah sekitar 10 ekor di jalur masuk ke Kantor Resort Lancang Kuning. Penemuan ini menambah kewaspadaan petugas dalam menjaga habitat gajah sumatera dari deforestasi.

Selain itu, tim patroli juga menemukan tiga orang warga yang mengikuti tim dengan sepeda motor. Setelah diinterogasi, ketiga warga tersebut mengaku menuju Sungai Medang/Kampung Karo dari Lubuk Kembang Bunga. Namun, tim patroli menduga mereka berniat melakukan perambahan hutan dan memberikan peringatan keras agar segera meninggalkan kawasan TNTN.

Pada Senin (13/5), tim melanjutkan patroli melalui jalur Kenayang. Di sana, tim menemukan sebuah bulldozer merk CAT berwarna kuning sekitar 300 meter dari perbatasan RAPP. Alat berat ini diduga digunakan untuk memperbaiki jalan dan membangun tapak rumah warga tanpa izin. Tim patroli mendokumentasikan temuan tersebut namun tidak menemukan seorang pun di lokasi untuk dimintai keterangan.

Dari hasil patroli, tim menyimpulkan masih adanya upaya perambahan hutan oleh masyarakat di kawasan TNTN Resort Lancang Kuning. Selain itu, jalur jelajah gajah liar juga semakin terancam oleh aktivitas perambahan. Tim patroli sampaikan akan melakukan tindakan lebih lanjut untuk menangani aktivitas ilegal dan melindungi jalur jelajah gajah liar

Categories: Berita