Taman Nasional Tesso Nilo

BERJIBAKU PADAMKAN API, KARHUTLA DI TNTN DIHUYUR HUJAN DERAS

Published by Humas TNTN on

TNTN, 11 – 15 Agustus 2023 – Tim patroli dan piket penjagaan SPTN Wilayah II Baserah laksanakan pemadaman karhutla di areal SPTN Wilayah II Baserah. Berawal dari tim mendapatkan informasi adanya Firespot dari posko Dalkarhut Balai TN Tesso Nilo, tim bergegas ke areal karhutla tepatnya di Resort Nilo SPTN Wilayah II Baserah. Sesuai dengan arahan Kepala SPTN Wilayah II Baserah, tim patroli penjagaan hutan alam bergabung dengan tim brigdalkar TN Tesso Nilo untuk bergerak menuju lokasi melakukan pemadaman karhut.

Tim patroli penjagaan, tim brigdalkar TN Tesso Nilo bersama Bhabinkamtibnas dan masyarakat melakukan pemadaman dilokasi karhut. Pemadaman juga dilakukan water boombing oleh 2 unit heli dari satgas karhut Provinsi Riau. Vegetasi lahan terbakar merupakan hutan tersisa dan belukar. Berbekalkan 1 unit mesin pemadam, 15 unit selang, 4 unit pompa punggung dan 1 unit selang hisap, tim melakukan pendinginan dan pemadaman bara api yang tersisa di tunggul kayu dilokasi tersebut.

Setelah beberapa lama diilokasi kebakaran, kemudian turun hujan dengan intensitas sedang. Setelah hujan reda, tim melakukan pengecekankembali lokasi kebakaran dan dari hasil pengecekan titik api telah padam. Setalah memastikan api telah padam kemudian tim juga mendata terdapat lebih dari 15 unit pondok kerja milik oknum masyarakat yang terpantau dilokasi dari pinggir hutan tersisa sampai ke titik kebakaran yang berbatasan langsung dengan pinggiran sungai nilo. Tim tidak menemukan adanya pemilik pondok dilokasi tersebut.

Hari berikutnya tim kembali melakukan pengecekan dilokasi karhutla. Setiba lokasi tim mendapati api telah padam. Tim mengambil data beberapa pondok pekerja oknum masyarakat yang berada disekitar lokasi karhut. Sore harinya telah turun hujan deras dilokasi karhutla. Hujan deras masih mengguyur lokasi dan tim memutuskan untuk kembali ke kantor SPTN Wilayah II Baserah. Tim lalu mendapatkan Informasi dari posko dalkarhut balai TNTN pada tanggal 14 Agustus 2023 Pukul 16.00 bahwa sudah tidak terpantau titik api di kawasan TN Tesso Nilo.