Taman Nasional Tesso Nilo

BANGUN SINERGITAS PENGELOLAAN KAWASAN, TIM PIKET TNTN INTENSIFKAN PATROLI BERSAMA MASYARAKAT

Published by Humas TNTN on

TNTN, 26 – 30 Juli 2023 – Patroli Penjagaan Kawasan Konservasi Bersama Masyarakat semakin gencar dilakukan untuk menumbuhkan kepedulian masyarakat dalam melestarikan kawasan hutan. Tim bersama masyarakat melakukan patroli diareal SPTN Wilayah I LKB. Disepanjang perjalanan tim menjumpai ada bekas cakaran harimau, cakaran beruang , jejak rusa dan pohon-pohon dengan ukuran besar. Setelah melakukan patroli tim mendirikan tenda / camp istirahat diareal sungai bomban.

Tim melanjutkan kegiatan patroli menuju grid J22 dan J23 dengan berjalan kaki dari Grid i22, disepanjang perjalanan tim masih banyak menjumpai pohon – pohon besar yang wajib untuk terus dijaga dari kerusakan dan kegiatan ilegal didalam kawasan TN Tesso Nilo. Tim juga melakukan penaburan biji pada area yang sedikit terbuka agar area yang terbuka bisa kembali hijau dan rindang kembali. Pada Grid J21 perbatasan resort Air hitam dan Nilo SPTN Wilayah II Baserah tim menemukan tumbangan lama sekitar 6 bulan yg lalu dan pernah ditemukan dan dipasang plang dan police line oleh tim piket sebelumnya.. Di lokasi tim tidak menemukan pelaku dengan kondisi masih tumbangan namun belum ada kegiatan dan harus tetap selalu dipantau. Disekitaran lokasi tim juga menemukan rintisan dan cat dipohon. Kemudian tim menghapus tanda cat tersebut.

Hari berikutnya tim melanjutkan patroli dari Grid i22 menuju Grid i23. Pada Grid i22 Kondisi hutannya masih bagus masih terdapat pohon – pohon berukuran besar berdiameter >50. Kemudian ketika tim melakukan patroli menuju grid i23, tim mendengar 3 unit suara mesin chainsaw dari kejauhan. Dari diskusi tim, tim memutuskan untuk menembakkan tembakan peringatan dan memutus 2 jembatan akses mereka masuk kedalam kawasan. Tim kemudian memutuskan kembali ke area camp untuk berdiskusi mengenai langkah yang akan diambil serta melaporkan penemuan ke pimpinan tertinggi.