Taman Nasional Tesso Nilo

BALAI TNTN GELAR PEMBENTUKAN DAN PENINGKATAN KETERAMPILAN KADER KONSERVASI TNTN TAHUN 2023

Published by Humas TNTN on

TNTN,  02 – 03 September 2023 – Balai TN Tesso Nilo telah menggelar kegiatan pembentukan dan peningkatan keterampilan kader konservasi TN Tesso Nilo tahun 2023. Kegiatan dilaksanakan di Camp Flying Squad TNTN, Resort Konservasi Gajah Sumatera, SPTN Wilayah I LKB.

Tim pelaksana kegiatan kader konservasi menuturkan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membentuk kader konservasi TN Tesso Nilo serta meningkatkan keterampilan kader terkait konservasi sebagai bekal untuk penyebarluasan informasi kepada masyarakat umum. Kader konservasi yang dibentuk merupakan kelompok mahasiswa/i yang berasal dari 3 universitas di Prov. Riau yang berjumlah 15 orang.

Kegiatan pembentukan kader konservasi ini dibuka oleh Plh. Kepala SPTN Wilayah I LKB, kemudian dilanjutkan dengan pembekalan kader konservasi. Materi yang diberikan antara lain pengenalan dan pengelolaan TNTN, penjelasan tugas dan peran kader konservasi, dasar-dasar kepenulisan, dan teknik fotografi. Setelah pemberian materi, dilanjutkan dengan diskusi dan sharing pengalaman. Diselingi dengan games seru agar peserta tidak bosan dan menambah keakraban.

Hari berikutnya peserta diajak untuk melakukan penanaman bibit tanaman kehutana  dan MPTS di sepanjang jalan menuju Menara Pantau Resort Air Hitam. Setelah itu didampingi oleh petugas, peserta melanjutkan kegiatan  dengan kegiatan trekking wisata Sungai Perbekalan, dengan tujuan untuk lebih mengenal jenis-jenis satwa dan tumbuhan serta destinasi wisata yang ada di dalam kawasan TN Tesso Nilo. Peserta lalu diberikan edukasi oleh mahout flying squad tentang pengelolaan Flying Squad dan gajah jinak TN. Tesso Nilo, sambil diskusi dan tanya jawab.

Kegiatan kemudian ditutup oleh Plh. Kepala SPTN Wilayah I LKB sekaligus mengukuhkan peserta sebagai Kader Konservasi TN Tesso Nilo yang akan dibina dan menjadi mitra/duta konservasi TN Tesso Nilo, dan diberikan id card tanda keanggotaaan kader konservasi. Dari kegiatan ini Balai TN Tesso Nilo berharap seluruh kader konservasi secara sukarela berperan sebagai penerus upaya konservasi, bersedia dan mampu menyampaikan pesan-pesan konservasi kepada masyarakat.