Taman Nasional Tesso Nilo

BALAI TN TESSO NILO SOSIALISASIKAN PELAKSANAAN PE DAN TANDATANGANI KOMITMEN DENGAN KTHK AMPERA TANDATANGANI

Published by Humas TNTN on

TNTN, 28 – 29 Agustus 2023 – Tim petugas TN Tesso Nilo telah melakukan sosialisasi pelaksanaan Pemulihan Ekosistem (PE) di SPTN Wilayah I LKB, Resort Bagan Limau. Sosialisasi dilakukan oleh petugas kepada Kelompok Tani Hutan Konservasi (KTHK) Ampera selaku pelaksana PE dan MMP Bagan Limau selaku pengawas pelaksaaan.

Sosialisasi ditujukan kepada anggota kelompok tani sebagai buruh pekerjaan. Petugas memberikan pemaparan materi sosialisasi terkait ketentuan teknis pelaksanaan kegiatan PE yang tercantum dalam dokumen RPK, KAK dan dokumen Kontrak PE.

Selain melakukan sosialisasi, tim petugas juga laksanakan pengecekan kegiatan pembinaan habitat pakan satwa gajah di sekitar Camp Flying Squad. Dari pengecekan ini diketahui terdapat beberapa jenis tanaman yang tidak tumbuh/mati, petugas menyampaikan nantinya akan dilakukan penyulaman terhadap tanaman-tanaman yang tidak tumbuh tersebut.

Setelah itu tim dan KTHK Ampera melakukan penandatanganan Komitmen antara Balai TN Tessi Nilo dan KTHK Ampera. Dalam komitmen tersebut tertera bahwwa KTHK Ampera berkomitmen untuk menjadikan areal PE ini sebagai contoh/model keberhasilan pemulihan ekosistem yang berbasis kemitraan konservasi, dan menjamin tingkat keberhasilan tumbuh tanaman >70%, Serta turut serta bersama2 atau mandiri melakukan perlindungan dan pengamanan kawasan sekitar PE tersebut.

Usia penandatanganan komitmen, petugas dan KTHK melakukan penanaman simbolis sebagai awal di mulainya kegiatan PE. Disampaikan pula bahwa target dari pengerjaan telah ditentukan dalam waktu pelaksanaan 1,5 bulan dengan jenis tanaman sebanyak 6.250 bibit sudah tertanam. Balai TN Tesso Nilo dan KTHK Ampera optimis bibit yang ditanam bisa tumbuh dan berkembang baik sesuai dengan target program kerja. Tim petugas juga akan senantiasa melakukan monitoring dan evaluasi serta pendampingin terhadap progres PE untuk memastikan dan menjamin tingkat keberhasilan tumbuh sesuai yang diharapkan.