ANTISIPASI DAMPAK EL NINO, TIM KEBAKARAN TNTN BERJIBAKU TANGANI KARHUTLA DARI DARAT DAN UDARA

Berita123 Views

TNTN, 30 Sep – 1 Okt 2023 – Petugas TN Tesso Nilo yang tergabung dalam tim karhutla dan antisipasi dampak El Nino selama beberapa waktu hingga saat ini masih berjibaku melakukan penanganan kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di areal SPTN Wilayah I LKB.

Tim mendapat laporan terpantaunya hospot di areal Resort Air Hitam dan Resort Lancang Kuning. Tim dibagi menjadi 2 tim untuk langsung melakukan pengecekan hospot pada dua areal yang berbeda. Pada Resort Lancang kuning, Sesampainya di lokasi tim menemukan api telah padam. Vegetasi di lokasi merupakan semak belukar dan tumbangan akasia. Pada Resort Air Hitam, sesampainya dilokasi tim melakukan pemadaman dan pendinginan menggunakan alat pemadam. Vegetasi di lokasi berupa tumbangan hutan dan semak belukar. Setelah memastikan api padam, tim kembali ke posko kebakaran dan melanjutkn patroli pada esok hari.

Hari berikutnya tim melakukan patroli ke daerah Resort Air Hitam dengan tujuan mengecek kembali lokasi yang terbakar. Dalam perjalanan tim menemukan lokasi yang rawan terjadi kebakaran. Dilokasi terlihat bekas himasan yang sudah mengering yang rawan terbakar. Tim juga menjumpai masyarakat yang sedang berada di lokasi tersebut dan menghimbau untuk tidak menghimas dan membakar. Kemudian tim memerintahkan orang tersebut untuk keluar dan segera meninggalkan lokasi. Tim lalu memasang spanduk larangan dilokasi yang rawan terbakar.

Tim melanjutkan patroli ke areal lain yang merupakan lokasi yang terbakar satu hari sebelumnya. pada lokasi ini api sudah padam dan menyisakan bekas kebakaran. tidak jauh dari lokasi, tim menemukan pondok yang terdapat 5 orang masyarakat didalamnya. Tim memberikan peringatan sekaligus sosialisasi dan memerintahkan mereka untuk segera keluar dari lokasi tersebut. Dilokasi pondok tersebut tim menemukan 1 unit mesin chainsaw yang diduga digunakan untuk menumbang hutan. Kemudian tim mengamankan chanisaw tersebut ke kantor seksi. Berdasarkan laporan petugas, api kebakaran sudah padam setelah berbagai upaya dilakukan tim gabungan baik dari darat maupun dari udara. Saat ini tim masih melaksanakan patroli karhutla dan berupaya agar kebakaran tidak kembali terjadi.