AKSES JALAN TERTUTUP, TIM SPTN WILAYAH I LKB LAKUKAN PEMBERSIHAN JALUR PATROLI

Berita117 Views

TNTN, 11 – 12 Oktober 2023 – Petugas SPTN Wilayah I LKB yang terdiri dari Polhut, PEH, Penyuluh, Brigdalkarhut dan staf melaksanakan kegiatan pembersihan tumbangan yang menutup akses jalur patroli di daerah Lubuk Balai Terak Ronda, SPTN Wilayah I LKB.

Tim yang bersama juga dengan Kepala Balai dan Kepala SPTN Wilayah I LKB melakukan patroli ke daerah lubuk balai. Tim menemukan beberapa titik tumbangan yang diduga sengaja dilakukan oleh oknum masyarakat untuk menutup jalur patroli tim. Dari hasil temuan tersebut kepala balai mengarahkan tim untuk melakukan/membuka jalur patroli yg ditutupi tumbangan.

Tim petugas melakukan pembersihan dan pembukaan akses jalur patroli yang sengaja diputus dengan menumbangi pohon-pohon. Tim membuka/membersihkan 6 titik tumbangan yang menutup akses jalur patroli. Saat sedang melaksanakan pembersihan tim juga menemukan 2 buah jerigen yang berisikan minyak dan oli serta 1 buah rantai chainsaw diduga digunakan untuk menumbang hutan.

Hari berikutnya tim kembali melanjutkan pembersihan dan pembukaan akses jalur patroli yang ditutupi tumbangan yang sengaja di lakukan oleh oknum masyarakat. Pada pembersihan ini tim berhasil membersihkan 7 titik tumbangan dan membuka kembali akses jalur patroli yang ditutupi tumbangan, sehingga bisa kembali dilewati tim patroli untuk melakukan patroli menggunakan sepeda motor.

Setelah berhasil membersihkan akses jalur patroli, kemudian tim kembali melanjutkan patroli. Tim dalam perjalalanannya menemukan areal yang diberi tanda diduga oleh oknum masyarakat yang hendak melakukan perambahan. Tim kemudian langsung mencabut dan membuang pancang – pancang tersebut. Pada areal ini tim tidak menemukan keberadaan pelaky, dan hanya menemukan berupa jerigen berisi minyak dan oli serta derigen berisi air yang di duga di tinggal oleh pelaku.

Tim melanjutkan patroli dan merusak dan merobohkan pondok, sehingga pondok tersebut sudah tidak layak untuk di tempati. Kemudian tim melanjutkan patroli ke sungai nilo, tim menemukan rakit penyeberangan yang diduga merupakan salah satu akses perambah masuk ke daerah lubuk balai. Tim seketika langsung memutus sling dan membocorkan derigen rakit tersebut. Tim kembali ke camp patroli dan akan memantau kembali areal-areal dengan temuan tersebut untuk memastikan tidak terjadinya aktifitas melanggar hukum didalam kawasan.