TIM PIKET TNTN PANTAU AREAL BEKAS PERAMBAHAN DAN LAKUKAN UPAYA REHABILITASI ALAMI

Berita161 Views

TNTN, 1 s.d 3 Juni 2023 –  Kegiatan Piket Penjagaan dan Patroli Hutan alam TN Tesso Nilo terus dilakukan sebagai upaya preventif untuk perlindungan kawasan hutan. Sebanyak 7 Orang personil yang terdiri dari Polhut, PEH, dan PPNPN melakukan patroli kawasan di SPTN Wilayah II Baserah.

Pada hari pertama patroli, tim piket yang sedang menelusuri hutan menemukan papan informasi yang telah di rusak. Tim kemudian memperbaiki papan informasi dengan melakukan pemasangan papan yang baru. Tim juga melakukan diskusi terkait dengan kawasan hutan yang terdapat di daerah situgal kepada tokoh masyarakat yang berada di daerah Situgal. Tim juga berdiskusi terkait pengelolaan TNTN bersama dengan masyarakat.

Piket Penjagaan dan Patroli Hutan Tersisa pada hari Ke 2, Tim piket melakukan patroli di areal bekas perambahan. Tim piket smelakukan penanaman bibit pada areal sekitar kawasan yang terbuka. Tim piket juga melakukan penaburan benih tanaman kehutanan dan  memasang plang peringatan. Tim piket tak lupa melakukan penaburan benih tanaman ketapang pada setiap bukaan yang terlewati.

Hari ke 3 kegiatan tim masih melakukan penyisiran hitan di areal SPTN Wilayah II Baserah. Tim piket menemukan patok berbahan pipa di sekitar areal patroli dekat dengan areal bekas perambahan yang ditinjau hari sebelumnya. Tim piket selanjutnya melakukan penanaman bibit pada areal sekitar kawasan yang terbuka. Pada areal ini tim piket juga melakukan penaburan benih tanaman kehutanan. Sebelum matahari tenggelam tim kemudian kembali ke titik awal dan menyusun rencana untuk mengambil tindak lanjut dari penemuan yang didapatkan.