Taman Nasional Tesso Nilo

TIM MITIGASI KONFLIK SATWA LIAR TN TESSO NILO GIRING GAJAH LIAR DI DESA TALAU

Published by Humas TNTN on

TNTN, 02 s/d 03 Juni 2023 – Tim mitigasi konflik sarwa liar TN Tesso Nilo bersama dengan BBKSDA Riau turun ke Desa Talau Kec.Pangkalan Kuras, Kab. Pelalawan untuk mengatasi konflik gajah liar. Giat ini berawal dari laporan masyarakat Desa Talau bahwa terdapat kawanan gajah liar yg sudah merusak tanaman sawit dan pisang.

Menurut laporan dari masyarakat Desa Talau, gajah liar tersebut sudah 5 hari berada di daerah Desa Talau, dan terlihat sebanyak 3 ekor. Setelah mendengar laporan dari pihak Desa Talau tim bergerak cepat menuju Desa Talau untuk melakukan penggiringan gajah liar tersebut. Pada malam hari pertama kegiatan, tim berangkat ke lokasi keberadaan gajah liar untuk melakukan blokade bersama masyarakat. Tim mendapatkan informasi bahwa posisi gajah liar sudah ke luar dari Desa Talau mengarah Desa Betung atau ke kebun Cina yg perbatasan langsung ke hutan konservasi Musimas. Karena waktu suda mendekati dini hari, tim kemudian memutuskan kembali ke bascamp untuk istirahat dan di lanjutkan besok hari.

Pada hari berikutnya, tim melanjutkan pemantauan gajah liar di Desa Talau, karena tadi malam menurut info dari masyarakat di perkirakan ada kawanan gajah liar yg masih tertinggal 1 ekor di daerah Desa Talau. Tim berangkat ke Desa Talau untuk melakukan penyisiran gajah liar yang diperkirakan tertinggal 1 ekor. Setelah di lakukan penyisiran di Desa Talau bisa kami pastikan gajah liar sudah tidak ada lagi dan sudah bergabung ke kawanan tersebut.

Di saat tim dan sekdes Desa Talau melakukan penyisiran, tim mendapatkan informasi dari masyarakat desa Betung bahwa gajah liarnya sudah menampakkan diri di Desa Betung. Tim kemudian memutuskan untuk terlebih dahulu kembali ke bascamp untuk istirahat dan akan dilanjutkan pada sore hari.