Taman Nasional Tesso Nilo

PATROLI BERSAMA MMP, PETUGAS TEBAS SAWIT BARU TANAM DI KAWASAN

Published by Humas TNTN on

TNTN, 23 s.d 26 Mei 2023 – Petugas  SPTN Wilayah I LKB TN Tesso Nilo bersama dengan Masyarakat Mitra Polhut melaksanakan patroli perlindungan dan pengawasan di areal Resort Bagan Limau, SPTN Wilayah I LKB.

Tim melakukan perjalanan dari kantor SPTN I menuju Desa Bagan Limau. Dalam perjalanan tim bertemu aktor perambah Desa Air Hitam Inisial T, tim kemudian melakukan diskusi terkait informasi dan situasi terkini sosial masyarakat air hitam terhadap kawasan TN Tesso Nilo.

Pada hari berikutnya  tim melakukan patroli diwilayah kerja Rehab Das PT.SARBI dan ditemukan adanya tumbangan-tumbangan baru dan klaim kelompok dari Desa Bagan Limau. Dilokasi berbeda tim menemukan adanya tanaman sawit baru pada areal kerja Rehab DAS. Tim langsung melakukan upaya pencabutan, penebasan dengan parang sebagai bentuk peringatan pada kelompok tidak bertanggung jawab yang telah merambah wilayah Rehab DAS.

Hari ketiga patroli, tim melakukan patroli di wilayah kerja Rehab DAS PT.SONOKELING, dan menjumpai hal serupa yaitu penumbangan baru dan temun bibit sawit baru ditanam di beberapa petak tanam. Pada saat tim berada dilokasi, tim tidak menjumpai aktifitas maupun masyarakat dilokasi

Tim selanjutnya membuat laporan kepada pimpinan mengenai penemuan yang didapatkan selama melakukan patroli untukk segera ditindaklanjuti lebih dalam. Tim memutuskan kembali ke kantor SPTN Wilayah I LKB untuk menentukan strategi penyelesaian dari aktifitas illegal yang ditemukan.