TIM SPTN WILAYAH II BASERAH TEMUKAN JEJAK HARIMAU SUMATERA SAAT PATROLI

Berita157 Views

TNTN, 24-25 Mei 2023 – Kepala SPTN Wilayah II Baserah dan tim melakukan koordinasi kerja kepada PT RLZ, PLB, dan RPI. Pihak perusahaan menyambut dengan baik kedatangan Tim SPTN Wilayah II dan mendukung program-program yang akan dilaksanakan dalam pengelolaan  kawasan hutan TNTN.

Hari berikutnya tim bersama-sama dengan pihak perusahaan melakukan patroli menuju kawasan TNTN. Sebelum masuk di Kawasan TNTN, tim dikejutkan dengan ditemukannya jejak satwa Harimau Sumatera dengan ukuran jejak lebar 12 cm panjang 13 cm. Dari identifikasi jejak, harimau diduga merupakan harimau usia remaja yang mengarah ke kawasan TN Tesso Nilo. Petugas menuturkan penemuan jejak ini menandakan bahwa hutan TN Tesso Nilo masih baik dan tersedianya rantai makanan satwa tersebut.

Selanjutnya tim melanjutkan patroli di areal rawan perambahan. Tim melakukan patroli dengan menggunakan drone dari perusahaan. Tim juga meninjau areal bekas kebakaran yang terbakar 2 minggu yang lalu. Selama melaksanakan patroli tim tidak menjumpai adanya gangguan-gangguan ilegal dilokasi.

Pada saat patroli, tim juga menemukan areal yang baru ditanami sawit. mendapati hal tersebut tim langsung mengambil tindakan dengan mencabut sawit-sawit yang sudah ditamani dilokasi tersebut, serta memasang plang peringatan. Tim melanjutkan patroli   diareal bekas kebakaran didekat pos pamhut SPTN Wilayah II Baserah dan tidak menemukan aktivitas dilahan bekas kebakaran tersebut. Kepala SPTN Wilayah II Baserah menyampaikan akan secara intensif memantau areal-areal yang rawan dan  menguasai kembali lahan-lahan yang sudah terbuka dan areal bekas terbakar agar segera ditanami kembali.