Taman Nasional Tesso Nilo

KEPALA SPTN WILAYAH II BASERAH DAN TIM INTENSIF LAKUKAN PATROLI PENJAGAAN DIKAWASAN

Published by Humas TNTN on

TNTN, 23-24 Mei 2023 – Kepala SPTN Wilayah II Baserah memimpin kegiatan piket patroli dan penjagaan di SPTN Wilayah II Baserah. Kegiatan ini dilakukan berdasarkan laporan PT. RAPP terkait adanya aktifitas illegal di wilayah overlap RAPP ke kawasan TN Tesso Nilo.

Tim lalu menelusuri areal yang diinformasikan sebelumnya untuk memastikan areal overlap tersebut. Tim menelusuri lokasi tersebut dan mendapati areal telah terbuka dan telah tertanam sawit. Kemudian Tim melakukan koordinasi atas temuan yang telah dilakukan untuk memverifikasi hasil temuan tersebut ke pihak PT RAPP.

Hari kedua pelaksanaan kegiatan, Tim melakukan Koordinasi dan Perkenalan Kepala SPTN Wilayah II Baserah yang baru menjabat dan Kepala Resort Ke Tokoh Masyarakat ke Kadus Kuala Renangan, dan tokoh masyarakat lainnya. Tokoh masyarakat tersebut menyambut baik Kedatangan Kepala SPTN Wilayah II Baserah dan tim. Tokoh-tokoh Masyarakat tersebut dengan senang hati akan mendukung Program-program yang nantinya akan dilaksanakan.

Tim kemudian melanjutkan patroli di bekas kebakaran yang terjadi beberapa waktu sebelumnya. pada dua lokasi bekas kebakaran yang pertama tidak didapati adanya tanaman sawit, namun di lokasi bekas kebakaran kedua ditemukan tanaman asli yang tumbuh sendiri diantaranya kabau, kelat dan asam gelugur. Tim menuturkan fakta ini dapat diartikan bahwa bekas kebakaran memiliki nilai bahan organik yang tinggi sehingga tanaman dapat tumbuh lebih baik dan perlunya pengecekan berkesinambungan dilokasi bekas kebakaran tersebut agar lokasi tersebut aman dari penguasaan ilegal. Tim menutup kegiatan dengan memasang plang peringatan di areal tersebut dan kembali ke kantor SPTN Wilayah II Baserah untuk persiapan kegiatan hari berikutnya.