Taman Nasional Tesso Nilo

PATROLI PENJAGAAN HUTAN TN TESSO NILO, PETUGAS PASANG PLANG LARANGAN DI TITIK-TITIK RAWAN

Published by Humas TNTN on

TNTN, 17 -19 Mei 2023 – Tim piket penjagaan hutan TN Tesso Nilo melaksanakan patroli dan monitoring kawasan khususnya areal SPTN Wilayah II Baserah. Pada hari pertama patroli, Tim memutuskan untuk ke arah Sungai Bomban dengan mengikuti jejak motor rintisan para pemancing dan pencari getah damar, saat perjalanan Tim menemukan adanya bekas rintisan di Hutan tersisa dengan ditandai adanya meteran bukaan lahan. Tim menelusuri beberapa patok yang telah ditandai dan mengambil tindakan berupa pemasangan papan larangan di titik rintisan jalan tersebut.

Tim melanjutkan perjalanan areal selanjutnya dengan menemukan jejak baru berupa jejak rintisan sepeda motor, di Hutan alam pada wilayah resort Air Hitam. Dikarenakan adanya jejak rintisan sepeda motor, Dan belum adanya pemasangan papan himbauan, maka Tim memutuskan untuk memasang papan himbauan/ larangan di dekat jejak lintasan motor tersebut.

Pada hari kedua piket penjagaan hutan, bertempat di aula kantor SPTN Wilayah I Lubuk Kembang Bunga tim telah melaksanakan Penandatanganan Pakta Integritas Tahun 2023. Kegiatan diawali dengan dibukanya berupa arahan oleh Kepala SPTN Wilayah I, sebagai bagian dari perpanjangan tangan Kepala Balai TN Tesso Nilo agenda untuk mengingatkan dan mempertegas kembali janji atau komitmen dalam melaksanakan tugas, menjaga integritas, dan tanggung jawab dalam pencapaian kinerja setiap tahunnya. Penandatangan Pakta Integritas ini sesuai tujuannya adalah mewujudkan birokrasi bersih dan melayani serta bebas dari korupsi dengan berorientasi pelayanan prima, serta menjunjung tinggi integritas yang harus terus dipertahankan.

Selesai Penandatanganan Pakta Integritas, Tim melaksanakan kegiatan patroli piket kali ini ke areal rawan perambahan dan menemukan beberapa temuan seperti Jejak Satwa endemik yaitu Gajah Sumatra dengan hasil dugaan merupakan Gajah tunggal yang sering kali melintas.

Tim melanjutkan kegiatan dengan pemasangan papan larangan atau himbauan di beberapa tumbangan pohon, yang di duga karena faktor cuaca. Hal ini dilakukan agar tidak menjadi bagian dari miss komunikasi masyarakat ketika adanya beberapa tumbangan pohon tersebut, sehingga Tim melakukan pemasangan papan himbauan didekat area sekitar. Kemudian Tim bergerak pindah ke arah Jalur lain, dikarenakan hari mulai gelap, Tim memutuskan melanjutkan penelusuran dan menelisir dengan melalui jalur lain pada esok hari.