TIM PIKET TN TESSO NILO TEMUKAN BERBAGAI PENAMPAKAN DAN JEJAK-JEJAK SATWA, TIM SEMAKIN SEMANGAT JAGA HUTAN ALAM

Berita142 Views

TNTN, 18 -19 Mei 2023 – Kegiatan Patroli Penjagaan Hutan Alam di kawasan hutan TN Tesso Nilo dilaksanakan di SPTN Wilayah II Baserah, Resort Nilo. Tim melakukan pengecekan dan pemeliharaan pal batas kawasan. Kondisi pal batas dinilai masih baik, namun label/nomor pal sudah tidak terlihat.

Pada areal lainnya, tim menemukan rintisan di hutan alam dengan cat merah, diduga dilakukan oleh perambah yang akan membuka hutan. Tulisan dan patok rintisan seketika langsung dimusnahkan oleh petugas.

Tim juga menjumpai Jejak tapir (Tapirus indicus), burung srigunting (Dicrurus sp), rangkong (Bucheros sp), kotoran lama gajah sumatera dan elang gular bido (Spilornis cheela) diareal hutan. tim melakukan pemasangan papan peringatan pada areal ini sebagai upaya untuk mempertahankan rumah para satwa.

Pada hari berikutnya tim melakukan pengecekan Kembali areal bekas kebakaran yang terjadi beberapa waktu silam. kondisi api sudah padam total dan tidak ditemukannya adanya aktivitas baru dilokasi bekas kebakaran. Tim kemudian melakukan pemasangan plang dan penaburan bibit diareal bekas kebakaran. Di sekitar lokasi juga tidak terpantau adanya titik api baru.