Taman Nasional Tesso Nilo

TIM PIKET JAGA TN TESSO NILO BERSAMA MASYARAKAT HALAU GAJAH LIAR MASUK KE KAWASAN

Published by Humas TNTN on

LKB,  2 – 4 Desember 2022 – Piket penjagaan hutan alam TN Tesso Nilo secara intensif terus dilakukan, piket dilakukan untuk memantau dan mencegah terjadinya aktifitas melanggar undang-undang didalam kawasan. Pada piket penjagaan hutan kali ini, 10 orang petugas yang di tim melakukan patroli di hutan alam areal Resort Lancang Kuning Air Sawan, SPTN Wilayah I LKB.

Tim tidak menemukan adanya aktivitas tipihut baik jejak maupun tindakan. Tim kemudian melakukan anjangsana kepada masyarakat Lubuk Kembang Bunga. Tim mendapat laporan dari masyarakat bahwa terdapat gajah liar yang masuk kedalam perkebunan masyarakat, tim lalu melakukan  patroli bersama warga untuk mengusir gajah liar untuk masuk ke dalam kawasan hutan.

Keesokan harinya tim melanjutkan patroli di areal Resort Lancang Kuning Kuning Air Sawan dan menemukan adanya pembukaan lahan di areal tersebut. Tim langsung mengambil tindakan pemasangan plang dan menabur biji di areal bukaan tersebut. Pada lokasi lainnya tim juga menemukan adanya pondok yang telah dirobohkan oleh tim patroli sebelumnya.  Tim kembali ke camp dan akan melanjutkan piket penjagaan keesokan harinya.