Taman Nasional Tesso Nilo

PATROLI PENCEGAHAN KARHUTLA TN TESSO NILO SUSURI KAWASAN, BERTEKAD JAGA HUTAN DARI KERUSAKAN

Published by Humas TNTN on

TNTN, Juni 2024 – Pada tanggal 10-12 Juni 2024, tim patroli pencegahan kebakaran hutan TN Tesso Nilo  memulai misi mereka dengan langkah kaki di tengah bekas kebakaran yang melanda area SPTN Wilayah II Baserah  . Mereka tidak hanya bergerak dengan peralatan minimal, tetapi juga dengan tekad untuk memastikan keamanan hutan tersisa dari bahaya baru.

Dengan berbekal roda 2, tim berjalan sejauh 20 kilometer melewati jalur yang sulit . Di sepanjang perjalanan, tim ini melakukan pemasangan rambu peringatan sebagai langkah awal dalam upaya mereka untuk mengurangi risiko akses ilegal oleh oknum perambah hutan.

Teknologi juga menjadi andalan tim, dengan penggunaan drone untuk mengambil data dari daerah terbuka. Data yang dikumpulkan tidak hanya membantu dalam memahami kondisi saat ini, tetapi juga memandu keputusan taktis untuk pemusnahan atau tindakan lain yang diperlukan di lapangan.

“Pekerjaan kami bukan hanya untuk merespons kebakaran, tetapi juga untuk melindungi hutan yang tersisa,” kata kepala tim, yang menekankan pentingnya patroli rutin dalam menjaga kelestarian alam. “Kami berkomitmen untuk menggunakan setiap alat dan sumber daya yang kami miliki untuk mencegah kebakaran dan menjaga keanekaragaman hayati.

Upaya tim bukanlah tanpa tantangan. Dengan medan yang sulit dan jarak yang harus ditempuh, tim ini membutuhkan keberanian dan dedikasi yang tinggi. Namun, keberhasilan tim dalam memasang rambu peringatan dan mengumpulkan data dengan drone menunjukkan bahwa langkah-langkah ini dapat memberikan perlindungan jangka panjang bagi hutan.

Melalui upaya ini, tim patroli himbau berbagai unsur untuk membentuk kesadaran lebih luas tentang pentingnya menjaga kelestarian hutan dan lingkungan secara keseluruhan.

Categories: Berita